kesehatan telinga

Kesehatan Telinga – Panca indera yang kita punya adalah bagian tubuh yang mempunyai fungsi terpenting, kehilangan salah satunya bisa menghambat berbagai hal dikehidupan sehari-jari. Salah satu indera yang sangat penting untuk dijaga adalah indera pendengaran atau telinga, tanpa telinga kita tidak bisa mendengar apapun di sekitar kita. Namun seiring berjalannya usia, organ tubuh tentu mengalami fungsi dan penurunan kinerja. Begitu juga dengan telinga, telinga dapat mengalami fungsi dan kinerja.

kesehatan telinga

Penjelasan Menjaga Kesehatan Telinga Dengan Baik

Usia tidak menghalangi kita mempunyai organ tubuh yang sehat dan berfungsi normal. Mulai dari menjaganya hingga menghindari hal yang bisa membahayakannya. Menjaga kesehatan telinga sejak dini harus sepantasnya kita lakukan. Semua organ penting pada tubuh kita harus kita perhatikan kesehatannya supaya terhindar dari masalah kesehatan yang menghambat kegiatan sehari-hari. Menjaga telinga dari berbagai masalah kesehatannya yang sering dialaminya memang mudah, asal benar-benar mengetahui apa saja hal yang baik untuk dilakukan agar telingan tetap sehat.

Beberapa Tips Menjaga Kesehatan Telinga Agar Tetap Sehat

1. Hindari Mendengarkan Suara Terlalu Keras

Telinga mempunyai batasan dan kekuatan suara yang aman untuk di dengar, terlalu sering mendengar suara terlalu keras dapat menurunkan fungsi dan dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran. Suara keras memang bermacam-macam mulai dari suara mesin, musik dan lain sebagainya. Sebaiknya hindari saat anda sedang berada di tempat yang terdapat suara keras, jika tidak memungkinkan dapat menggunakan penutup telinga untuk melindungi. Untuk mengurangi kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headphone, pasalnya volume musik yang terlalu keras dapat merusak pendengaran anda.

2. Jaga Telinga Agar Tetap Kering

Untuk anda yang menyukai olahraga renang sebaiknya perhatikan keadaan telinga anda, setelah melakukan kegiatan ini keringkan telinga anda dari air yang masuk ke telinga. Bakteri ini berkembang dan dapat mengakibatkan iritasi dan infeksi. Atau untuk mengatasinya dapat menggunakan penutup telinga saat berenang, hal ini untuk menghindari air masuk ke dalam telinga. Dan jika anda merasa ada air masuk ke dalam telinga, sebaiknya segera keluarkan telinga tersebut. Dengan cara memiringkan kepala atau dengan memancing air keluar dengan meneteskan air ke dalam telinga anda.

3. Perhatikan Kebersihan Telinga

Menjaga kebersihan telinga adalah hal wajib yang harus kita lakukan, baisanya orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga, namun menggunakan benda tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan telinga. Saat anda memasukkan cotton bud ke dalam telinga maka kotoran dalam telinga semakin terdorong ke dalam dan dapat merusak gendang telinga. Untuk menjaga kebersihan telinga sejatinya tidak lah sulit, karena telinga mampu membersihkan dirinya sendiri dengan cairan lilin yang terdapat di dalamnya, cairan ini berfungsi menjaga telinga dari kotoran yang masuk ke dalam telinga, kita dapat menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan area sekitar telinga dan menjaga agar tetap bersih.

4. Rutin Lakukan Pemeriksaan Telinga

Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter harus kita lakukan karena untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga kita. Bagi anda yang sudah memasuki usia tua, pada usia ini telinga sering mengalami gangguan pendengaran. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan telinga dengan bertahap, sehingga kelainan fungsi dengar telinga dapat diketahui, dan jika terdapat penumpukan kotoran dalam telinga maka dokter menganjurkan anda untuk membersihkannya. Melakukan pemeriksaan telinga memang tidak harus setiap hari, cukup 6 bulan sekali sudah cukup untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga anda.

Akibat ketidak pedulian anda menjaga kesehatan telinga, pendengaran anda akan menjadi berkurang dan berisiko kehilangan pendengaran. Sebaiknya untuk menghindari hal tersebut jagalah kesehatan telinga setiap saat, perhatikan kebersihannya dan hindari yang memungkinkan dapat merusak telinga. Hal ini tentu bertujuan untuk menjaga fungsi telinga meski sudah tua sekalipun.

Demikian informasi yang kami berikan tentang menjaga kesehatan telingan anda yang harus diperhatiakan. Semoga informasi ini dapat membatu anda untuk mengetahui bagaimana menjaga organ tubuh anda termasuk telinga. Sekian dan terima kasih.

Kenali Tips Dan Dalam Menjaga Kesehatan Telinga

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *